Cara Memperbaiki Touchscreen HP Rusak

     Cara Memperbaiki Touchscreen HP Rusak - HP yang memiliki fitur touchscreen merupakan salah satu favorit bagi orang-orang saat ini , karena terlihat canggih dan juga mudah digunakan , hanya dengan menyentuhnya. Tapi kadang kalanya sering mengalami problem. Pernahkah anda mengalami Touchscreen pada HP rusak ? dan bagaimana cara memperbaikinya ? mudah saja, sebelum dibawa ke konter sebaik nya anda mencoba dulu memperbaikinya. Berikut ini adalah langkah cara memperbaiki Touchscreen yang rusak atau tidak berfungsi.
Cara Memperbaiki Touchscreen HP Rusak
  • Langkah pertama buka penutup baterai dan bautnya, lalu buka casing dan pisahkan dari mesinnya.
  • Pada saat mesin/PCB sudah dipisahkan dengan casing, Anda akan melihat layar LCD terdapat 2 lapisan. Lapisan paling atas itu adalah bagian Touchscreen yang berfungsi ketika disentuh, maka bagian atas penutup layar ini adalah penyebab kerusakannya.
  • Anda tidak boleh langsung mencabut kaca touchsreen ini begitu saja, karena pada bagian bawah ada flexible yang terhubung dengan flexible LCD dan itu disolder, maka anda harus membuka solder tersebut baru kemudian menggantinya. Ingat Anda harus hati-hati.
  • Setelah berhasil mencabutnya, Anda bisa menggantinya dengan Touchscreen baru. Harga kisaran Touchscreen tersebut lebih murah dari harga LCD. Untuk membelinya, anda bisa membawa Touchscreen yang rusak sebagai contoh. 
Cara Memperbaiki Touchscreen HP Rusak
  • Langkah selanjutnya, pasang Touchscreen kembali, dan dilas menggunakan solder
  • Setelah berhasil memasang Touchscreen, anda jangan langsung memasang kembali casing dan baut bautnya, tetapi mencobaya dengan posisi telanjang terlebih dahulu, ini untuk mengantisipasi jika ponsel masih belum berfungsi dengan baik.
  • Jika Touchscreen sudah berfungsi, selanjutnya anda harus melakukan settingan calibration layar agar bisa berfungsi dengan baik. Settingan Calibration ini ada di menu settingan-calibration dan ikuti tanda tanda silang dilayarnya. jika calibration masih failed, maka anda harus mengecek kembali pemasangannya.
    nah itu adalah cara memperbaiki Touchscreen hp yang rusak, bagi anda yang sedang mencari referensi tentang cara memperbaiki touchscreen , artikel ini adalah recomendasinya.
Cara Memperbaiki Touchscreen HP Rusak | Aan | 5